AUTO 2000
SEJARAH PERUSAHAAN
Perusahaan ini pertama kali didirikan pada tanggal 20
Februari 1957 dengan nama PT. Astra International Incorporation (AII) oleh
Bapak Drs. Tjia Kian Tie, Bapak William Soerdjaya (Tjia Kian Liong), dan Bapak
E. Harman (Liem Peng Hong). Pada mulanya perusahaan ini bergerak di bidang
perdagangan umum, mulai dari menjual soft drink, merek Prem Club dan juga
ekspor-impor hasil bumi.
Pada tahun 1965 PT. Astra International Incorporation
mengalihkan usahanya menjadi pengimpor kendaraan bermotor, alat-alat berat, dan
alat-alat teknik yang dapat menunjang kebutuhan pembangunan nasional.
Pada tanggal 1 Juli 1969 PT. Astra International
Incorporation mendapat pengakuan resmi dari pemerintah sebagai agen tunggal
mobil merek Toyota untuk seluruh wilayah Indonesia. Sebagai kelanjutannya PT.
Astra International Incorporation membentuk “Toyota Division” yang menangani
distributor dan pemasaran kendaraan merek Toyota.
Pada tahun 1971 didirikan perusahaan baru dengan nama
PT. Toyota Astra Motor (TAM) yang merupakan patungan antara PT. Astra
International Incorporation dengan Toyota Motor Company (TMC). PT. Toyota Astra
Motor ini kegiatannya yaitu mengimpor mobil-mobil merek Toyota dalam keadaan
Completely Knock Down (CKD) dari Jepang, kemudian dirakit di PT. Multi Astra
serta menyalurkan pada dealer-dealer utama di Indonesia. Sehingga status agen
tunggal Toyota untuk seluruh Indonesia dialihkan kepada PT. Toyota Astra
International Incorporation sejak itu berubah menjadi penyaluran utama.
Tahun 1973, PT. Astra International Incorporation
ditunjuk sebagai agen tunggal untuk produk-produk Daihatsu, dengan demikian
Toyota Astra Motor tidak hanya memasarkan kendaraan merek Toyota saja tetapi
juga kendaraan merek Daihatsu.
Karena perkembangan yang semakin pesat, maka pada
tanggal 1 Januari 1976 didirikan PT. Astra Motor Sales (AMS) berdasarkan Akta
Notaris Kartini Mulyadi, S.H. No.195 tanggal 30 Juli 1975 dan No.52 tanggal
10 Oktober 1975. Sejak saat itu PT. Astra Motor Sales menjadi penyalur utama
mobil merek Toyota dan memiliki puluhan kantor cabang.
Selanjutnya pada bulan Maret 1990, PT. Astra Motor
Sales telah menjual sahamnya (go public) terhadap masyarakat, dan pada saat
bersamaan PT. Astra Motor Sales yang berada di Jl. Asia Afrika No.125 Bandung
diubah menjadi PT. All Toyota Divisions.
Dan pada tanggal 19 Februari 1991, berdasarkan Akta
Notaris No.43 yang dibuat oleh Ny. Indirani Soepojo, S.H. PT. All
Toyota Division berubah menjadi PT. Astra International Tbk. Toyota Sales
Operation Cabang Bandung atau yang lebih dikenal dengan nama AUTO 2000. AUTO
2000 ini merupakan tempat penjualan resmi Authorized Main Dealer bagi
kendaraan merek Toyota yang berkantor pusat di Jl. Gaya Motor III No.3 Jakarta
14330.
Adapun profile dari AUTO 2000 adalah sebagai berikut :
1. Focus on Customer
Pelanggan bagaikan raja yang harus selalu didahulukan.
Karena itu segala upaya difokuskan untuk memberikan layanan bernilai tambah.
2. Reliable
Tak ada yang lebih berharga daripada kepercayaan
pelanggan. Tak cukup hanya pengalaman dan keahlian yang senantiasa diasah,
namun juga perbaikan yang terus-menerus dilakukan dengan memperhatikan suara
pelanggan.
3. Green
Company
Makin tingginya polusi lingkungan saat ini, mengilhami
AUTO 2000 untuk selalu mengutamakan keselarasan lingkungan melalui
fasilitas layanan prosedur, system pengolahan limbah, serta penggunaan
produk-produk yang bersahabat dengan lingkungan.
4. Team
Work
Pasar yang dinamis, hanyalah bias diantisipasi melalui
suatu sinergi dari sebuah tim yang melibatkan berbagai keahlian namun memiliki
satu tujuan, yaitu memuaskan pelanggan.
5. Strive
for Exellence
Begitu cepatnya perubahan terjadi, begitu tingginya
tuntutan pelanggan mendorong AUTO 2000 untuk terus-menerus meningkatkan layanan
yang lebih baik dan lebih baik lagi.
6. Ease
Situasi orang yang semakin bertambah sibuk, membuat
waktu semakin berharga, itulah yang menjadi sumber inspirasi AUTO 2000 untuk
memberikan pelayanan yang mudah dan memberikan layanan-layanan seperti Booking
Service, Toyota Home Service, OK atau Gratis! Yang mudah diakses di
seluruh cabang-cabang AUTO 2000.
Profil
AUTO2000 adalah jaringan jasa penjualan, perawatan,
perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang berdiri sejak tahun 1975 dengan
nama Astra Motor Sales, dan baru pada tahun 1989 berubah nama menjadi
AUTO2000 dengan manajemen yang sudah ditangani sepenuhnya olehPT. Astra
International Tbk.
Saat ini AUTO2000 adalah retailer Toyota
terbesar di Indonesia, yang menguasai sekitar 45% dari total penjualan Toyota.
Dalam aktivitas bisnisnya, AUTO2000 berhubungan dengan PT. Toyota Astra
Motor sebagai Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Toyota, yang menjadikan
AUTO2000 adalah salah satu founder dealer resmi Toyota.
AUTO2000 saat ini memiliki 96 outlet (terdiri dari 14
outlet V-hanya melayani jual beli kendaraan, 67 outlet VSP-melayani jual beli
& service kendaraan, & 15 outlet VSPBP-melayani jual beli, service,
perbaikan & pengecatan bodi kendaraan) yang tersebar di hampir seluruh
Indonesia (kecuali Sulawesi, Maluku, Irian Jaya, Jambi, Riau, Bengkulu, Jawa
Tengah dan D.I.Y). Di samping itu, AUTO2000 pun bekerjasama dengan 840 partshop
yang tersebar di berbagai penjuru Indonesia, untuk menjamin keaslian suku
cadang produk Toyota.
Ke depannya jumlah jaringan AUTO2000 pun akan terus
bertambah seiring dengan pertumbuhan bisnis, serta untuk memenuhi kebutuhan
seluruh pelanggan Toyota, serta memberi kemudahan bagi calon pembeli Toyota.
Sesuai dengan slogan-nya “Urusan Toyota Jadi
Mudah!”, AUTO2000 senantiasa berupaya memberikan pelayanan yang terbaik bagi
seluruh pelanggannya dalam membeli & memiliki kendaraan Toyota melalui :
Kemudahan dalam mencari informasi tentang Toyota di
AUTO2000 melalui website, aplikasimobile, & call center yang
dapat diakses kapanpun & dimanapun.
Kenyamanan bagi pelanggan dengan fasilitas outlet
AUTO2000 yang modern, warm, & pressure free.
Kemudahan & kenyamanan transaksi dengan
layanan one stop shopping service AUTO2000 yang bekerjasama dengan
berbagai value chain
Kemudahan dalam mendapatkan kendaraan sesuai
kesepakatan, tepat waktu, dan melampaui harapan pelanggan.
Kemudahan mendapatkan jasa layanan after sales
service terbaik selama kepemilikan kendaraan, dengan berbagai project
penunjang yang inofatif seperti :
o Toyota Home Service (THS) – kemudahan
service secara fleksibel untuk menghargai kualitas waktu pelanggan
o Express Maintenance –
kehandalan serta kecepatan perawatan kendaraan & service berkala kurang
dari 1 jam
o Express Body & Paint –
kehandalan perbaikan body kendaraan 3 panel dalam waktu 8 jam yang merupakan
satu-satunya layanan yang sudah tersertifikasi oleh Toyota di wilayah Asia
Tenggara
o Booking Service –
kemudahan pemesanan untuk memastikan pengerjaan perawatan kendaraan yang
berkualitas
o Maintenance Reminder System –
layanan/jasa pengingat bagi pelanggan dalam melakukan pengecekan, perawatan,
serta service berkala untuk memastikan kualitas kendaraan Toyota tetap prima.
o Serta berbagai produk
inovatif lainnya yang akan senantiasa AUTO2000 hadirkan bagi pelanggan untuk
merasakan “Life is Easy”.
Visi AUTO2000
Menjadi Dealer Toyota Terbaik & Terhandal di
Indonesia, Melalui Proses Bisnis Berkelas Dunia
Misi AUTO2000
1. 1. Melayani Pelanggan
Melalui Pengalaman Kepemilikan yang Paling Memuaskan
2. 2. Menjadi Share
Contributor Terbaik bagi Toyota di Seluruh Kota & Kabupaten
3. 3. Menciptakan
Pertumbuhan yang Berkesinambungan Bagi Seluruh Stakeholders
4. 4. Senantiasa
Berkomitmen untuk Menjalankan Bisnis sesuai Kaidah Good Corporate Governance
& Corporate Social Responsibility.
TUJUAN
1. Market leader number
one in sales, volume, and market share. Yaitu menjadi pemimpin pasar dalam
bisnis otomotif dengan volume penjualan nomor 1.
– Best
distribution network. Adalah memiliki jaringan distribusi yang luas
– Customer
satisfaction and good attitude people. Yaitu menciptakan kepuasan pelanggan dan
karyawan AUTO 2000
– Highly
compenence and good attitude people. Adalah karyawan AUTO 2000 memiliki sikap,
perilaku, etika kerja serta kepribadian yang tinggi
– Financial
soundeness. Yaitu kondisi keuangan AUTO 2000 yang sehat, mampu menciptakan laba
yang memadai untuk perkembangan dan kelangsungan hidup perusahaan di masa
mendatang.
Salah satu strategi dalam menggaet konsumen yaitu,
untuk pelanggan yang mempunyai keinginan membeli kendaraan Toyota, AUTO 2000
menyediakan layanan pembelian baik cash maupun kredit. Untuk kredit, AUTO 2000
bekerjasama dengan anggota leasing Astra yaitu Astra kredit Company dan Toyota
Astra Finance Service menyediakan program kredit yang dapat disesuaikan dengan
keinginan dan kebutuhan pelanggan. Program kredit ini didukung pula oleh
Asuransi Astra Buana atau Garda Oto. Di AUTO 2000, pelanggan dapat mengatur
sendiri besarnya DP dan angsuran sesuai dengan kemampuannya. Seringkali AUTO
2000 juga menawarkan program kredit khususyang berkaitan dengan adanya program
penjualan yang dibuat untuk memudahkan pelanggan dalam mengansur.
Sedangkan bagi pelanggan yang berkeinginan untuk menukar
kendaraan lemanya dengan kendaraan baru Toyota, AUTO 2000 bekerjasama dengan
mobil 88 memberikan kemudahan dengan layanan Trade In (tukar tambah). Mobil 88
akan melakukan appraisal (menghitung harga kendaraan) dan memberikan harga yang
kompetitif bagi pelanggan sehingga pelanggan tidek repot lagi untuk menjual
kendaraannya.
PT Astra International Tbk berambisi mempertahankan
posisi sebagai market leader di pasar sepeda motor nasional dan meraup 56%
porsi penjualan mobil domestik, kendati suasana kompetisi kian ketat. Presdir
PT Astra International Prijono Sugiarto mengatakan seiring pertumbuhan ekonomi
nasional yang bagus sepanjang 3 bulan pertama tahun ini, permintaan konsumen
terhadap produk-produk otomotif cukup tinggi. Tahun ini, Astra memproyeksikan
volume pasar mobil domestik sekitar 600.000 unit mobil dan total penjualan
kendaraan roda dua menembus 6,7 juta-6,8 juta unit motor. Pertumbuhan pasar itu
diyakini akan tercapai dengan asumsi tidak ada kenaikan tarif pajak kendaraan
bermotor. (bisnis.com,Selasa 18 Mei 2010)
Dalam menghadapi perdagangan bebas Asean Free Trade
Area (AFTA) yang diberlakukan mulai 1 Januari 2010, AUTO 2000 memiliki beberapa
strategi antara lain :
1. Memperkuat pelayanan
dengan menambah jaringan atau network distribusi yang luas.
2. Memperkuat layanan
aftersales
Selain program bengkel, juga dilakukan reminder bagi
pelanggan, mengingatkan tentang kapan waktunya mereka servis, melakukan follow
up setelah pelanggan selesai servis, memberikan diskon tambahan bagi pelanggan
yang melakukan booking, diskon bagi member Astraworld card, memberikan layanan
servis plus secara gratis (seperti mengisi air accu, radiator, mencuci mobil,
dll), menyediakan ruang tunggu dengan beragam fasilitas (ruang yang nyaman dan
lengkap, makanan dan minuman gratis bahkan makan siang juga gratis, layanan
kursi pijat gratis, dll)
Beberapa cabang AUTO 2000 juga menerapkan strategi CRM
(Customer Relationship Management) yaitu :
o Follow up 1 yaitu melakukan
pendekatan melalui telepon terhadap pelanggan yang akan melakukan pembelian
pada showroom.
o Apabila telah terjadi
pembelian mobil, maka 3 hari setelah pengiriman mobil pelanggan akan dihubungi
melalui telepon oleh Auto 2000 TSO kertajaya, untuk menanyakan dan memastikan
kembali apakah mobil telah sampai kepada pelanggan dan kondisi kendaraan baik.
o Follow up 2 yaitu
mengingatkan pelanggan untuk melakukan service perawatan pertama yang dilakukan
satu bulan setelah mobil dikirim kepada pelanggan atau mobil telah mencapai
1000km.Dan kegiatan tersebut akan dilakukan hingga service berkala 5000km,
10000km, 20000km, dst.
o Follow up 3 yaitu kegiatan
yang dilakukan melalui telepon kepada pelanggan yang telah melakukan service
mobil pada Auto 2000 TSO kertajaya untuk memastikan bahwa kendaraan yang telah
di service 3 hari yang lalu telah kembali dalam kondisi yang baik, apabila
masih terdapat masalah pada kendaraan maka pelanggan dapat kembali ke bengkel
untuk perbaikan ulang.
Main dealer Toyota sepanjang 2011 ini menawarkan 12
kemudahan bagi konsumennya melalui satu strategi bertajuk Life is Easy with
Auto2000. “Dengan strategi baru, kami terus melakukan perbaikan demi
meningkatkan kepuasan dan kesetiaan para konsumen,” kata Jodjana J Chief
Executive Auto2000.
Kepuasan pelanggan menjadi misi utama yang diusung
Auto2000 tahun ini. Di tengah laju inflasi dan kenaikan kendaraan akibat
regulasi pajak, main dealer Toyota di Indonesia itu berusaha meningkat kepuasan
pelanggan. Tahun lalu Auto2000 meraih rekor penjualan tertinggi yaitu 220.280
unit dan meraih posisi pertama survei kepuasan pelanggan JD Power. Karena
itu, Auto200 menawarkan 12 alasan kenapa konsumen bakal lebih mudah
menggunakan mobil Toyota.
Analisis SMART
S : Specific (spesifik), Program yang akan dijalankan
yaitu program pembelian kendaraan dengan DP rendah untuk unit agya, avanza dan
yaris.
M : Measurable (terukur). Program ini akan dilakukan
selama satu bulan dengan tujuan bisa mendapatkan banyak pembeli unit toyota.
A : Achievable (bisa dicapai). Program pembelian unit
dengan DP rendah ini akan dicapai dalam waktu singkat, dan diharapkan hasil
yang maksimal.
R : Realistic. Semua karyawan akan dilibatkan untuk
promosi dan pameran.
T : timebound (batasan waktu). Batasan waktu
hanya sebulan saja, maka dari itu diharapkan bisa mencapai angka maksimal untuk
pembelian unit toyota.
Analisis SWOT Auto 2000
Berdasarkan analisa internal dan eksternal, diperoleh
buttir butir kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman organisasi. maka dapat
ditentukan pembobotan dari masing masing butir tersebut. bobot setiap factor
dari Strength, Weakness, Opportunity, Threaths diberi nilai = 1,00. sedangkan
untuk masing – masing rating factor akan diberi criteria sebagai berikut :
Untuk rating faktor Strength diberi kriteria :
Rating
1 : Sedikit Kuat
Rating
2 : Agak Kuat
Rating
3 : Kuat
Rating
4 : Sangat Kuat
Untuk rating faktor Weakness diberi kriteria :
Rating
1 : Sedikit Lemah
Rating
2 : Agak Lemah
Rating
3 : Lemah
Rating
4 : Sangat Lemah
Untuk rating faktor Threat diberi kriteria :
Rating
1 : Sedikit Mengancam
Rating
2 : Agak Mengancam
Rating
3 : Mengancam
Rating
4 : Sangat Mengancam
Untuk rating faktor Opportunity diberi kriteria :
Rating
1 : Sedikit Peluang
Rating
2 : Agak Peluang
Rating
3 : Peluang
Rating
4 : Sangat Peluang
Matriks SWOT Kearns
Eksternal
Internal
|
OPPORTUNITY
|
TREATHS
|
STRENGTH
|
Comparative
Advantage
|
Mobilization
|
WEAKNESS
|
Divestment/Investment
|
Damage Control
|
PT. Astra International, Tbk berhasil membukukan
kinerja finasial yang baik sampai kuartal III pada tahun 2007, dimana laba
bersih Astra naik 53% dibandingkan setahun sebelumnya menjadi Rp 4.581 Triliun.
Agar PT Astra International, Tbk dapat menganalisis situasi saat ini, maka
digunakanlah analisis SWOT dengan melakukan penilaian terhadap faktor internal
dan eksternal menggunakan pendekatan kuantitatif. Penilaian terhadap indikator
digunakan nilai berskala empat, yaitu satu = di bawah rata-rata; dua =
rata-rata; tiga = di atas rata-rata; dan empat = sangat baik.
Faktor Internal
Kekuatan
|
Nilai
|
Bobot
|
Rating
|
Skor
|
Efektivitas saluran distribusi
|
4
|
0.16
|
4
|
0.64
|
Keberhasilan dari pengembangan
produk
|
3
|
0.12
|
4
|
0.48
|
Penerapan teknologi
|
4
|
0.16
|
4
|
0.64
|
Efektivitas kegiatan promosi
|
4
|
0.16
|
4
|
0.64
|
Sumber Daya Manusia
|
4
|
0.16
|
3
|
0.48
|
Aset yang dimiliki untuk biaya
operasi dan investasi
|
3
|
0.12
|
3
|
0.36
|
Penggunaan kandungan lokal sampai
75%
|
3
|
0.12
|
3
|
0.36
|
Total
|
25
|
1.0
|
3.6
|
Kelemahan
|
Nilai
|
Bobot
|
Rating
|
Skor
|
Masa depan karyawan
|
3
|
0.13
|
3
|
0.39
|
Fasilitas manufaktur
|
4
|
0.17
|
3
|
0.52
|
Posisi global
|
3
|
0.13
|
2
|
0.26
|
Pengembangan merk dalam negeri
|
4
|
0.17
|
1
|
0.17
|
Informasi pasar
|
3
|
0.13
|
2
|
0.26
|
Tingkat kegagalan produksi
|
4
|
0.17
|
2
|
0.35
|
Mesin import
|
2
|
0.09
|
2
|
0.17
|
Total
|
23
|
1.0
|
2.13
|
Faktor Eksternal
Peluang
|
Nilai
|
Bobot
|
Rating
|
Skor
|
Terbukanya pasar dalam negeri
|
4
|
0.2
|
4
|
0.8
|
Paket teknologi
|
4
|
0.2
|
4
|
0.8
|
Pengaruh social responsibilities
dalam membantu perkembangan perusahaan
|
3
|
0.15
|
3
|
0.45
|
Terbukanya pasar ekspor
|
3
|
0.15
|
3
|
0.45
|
Pengaruh penghargaan yang dapat
mengangkat citra perusahaan
|
3
|
0.15
|
3
|
0.45
|
Pasar tenaga kerja
|
3
|
0.15
|
3
|
0.45
|
Total
|
2
|
1.0
|
3.4
|
Ancaman
|
Nilai
|
Bobot
|
Rating
|
Skor
|
Pengaruh kebijakan pemerintah
|
4
|
0.21
|
3
|
0.63
|
Intensitas persaingan
|
3
|
0.15
|
2
|
0.32
|
Pengaruh kampanye produk ramah
lingkungan
|
3
|
0.16
|
1
|
0.16/td>
|
Kelesuan ekonomi dalam negeri
|
3
|
0.16
|
1
|
0.16/td>
|
Pengaruh melambatnya pertumbuhan
ekonomi global
|
3
|
0.16
|
1
|
0.16/td>
|
Barang subtitusi
|
3
|
0.16
|
1
|
0.16/td>
|
Total
|
19
|
1.0
|
1.58
|
ANALISIS MATRIKS SWOT
Berdasarkan
hasil-hasil yang didapat dari analisis internal dan eksternal pada table
dituliskan diatas, hasilnya dapat dirangkum sebagai berikut :
No
|
Analisis faktor
|
Skor
|
1
|
Kekuatan
|
3 62
|
2
|
kelemahan
|
2 13
|
3
|
Peluang
|
3 4
|
4
|
Ancaman
|
1 58
|
Total
|
10 73
|
Koordinat Analisis Internal
Sumbu x = (Skor Kekuatan – Skor Kelemahan)/2
= (3 62 – 2 13)/2
= 0,745
Koordinat
Analisi Eksternal
Sumbu y = (Skor Peluang – Skor Ancaman)/2
= (3 4-1 58)/2
= 0,91
Jadi
posis perusahaan berada di (0,745; 0,91)
Kuadaran
|
Posisi titik
|
Luas Matriks
|
Ranking
|
Prioritas Strategi
|
I
|
(3 62; 3 4)
|
13
|
1
|
Growth
|
II
|
(2 13; 3 4)
|
8
|
2
|
Kombinasi
|
III
|
(2 13; 1 58)
|
4
|
4
|
Penciutan
|
IV
|
(3 62; 1 58)
|
6
|
3
|
Stabilitas
|
Penjelasan diagram SWOT adalah sebagai berikut :
• Pada kuadran I ( S O
Strategi ) strategi umum yang dapat dilakukan oleh perusahaan adalah
menggunakan kekuatan perusahaan untuk mengambil setiap keunggulan pada
kesempatan yang ada.
• Pada kuadran II ( W O
Strategi ) perusahaan dapat membuat keunggulan pada kesempatan sebagi acuan
untuk memfokuskan kegiatan dengan menghindari kelemahan.
• Pada kuadran III ( W T
Strategi ) Meminimumkan segala kelemahan untuk menghadapi setiap ancaman.
Pada kuadran IV ( S T Strategi ) Menjadikan setiap
kekuatan untuk menghadapi setiap ancaman dengan menciptakan diversifikasi untuk
menciptakan peluang.
Analisa Daya Saing
Analisa Persaingan
Toyota dengan Pesaing Utama
4P
|
All New Camry
|
Full Size Accord
|
Keterangan
|
Action Plan
|
Produk
|
Lebih unggul
|
Menjadi brenchmark dikelas medium
sedan, namun dengan kenyamanan, performa dan desain sebuah sedan mewah
|
Mempertahankan melalui inovasi
produk
|
|
Price
|
Lebih murah
|
Masuk kategori mobil mewah namun
dgn harga dibawah produk Honda
|
Low Cost High Quality
|
|
Place
|
Jaringan distribusi (dealer) lebih
banyak
|
Menggunakan jaringan distribusi
yang dimiliki Auto2000 yang sangat dikenal oleh pelanggan
|
Memperbanyak jaringan distribusi
(dealer)
|
|
Promotion
|
Lebih unggul
|
Melalui media TV, iklan, pameran,
event
|
Mempertahankan efektifitas iklan
|
Analisa Persaingan Toyota dengan Produk Pengganti
4P
|
Avanza
|
Xenia
|
Keterangan
|
Action Plan
|
Produk
|
Lebih unggul
|
Menjadi brenchmark mobil niaga
yang tetap di desain yang nyaman
|
Mempertahankan melalui inovasi
produk
|
|
Price
|
Lebih murah
|
Desainnya menyerupai avanza namun
dengan harga dibawahnya
|
Low Cost High Quality
|
|
Place
|
Jaringan distribusi (dealer) lebih
banyak
|
Menggunakan jaringan distribusi
yang dimiliki Auto 2000
|
Memperbanyak jaringan distribusi
(dealer)
|
|
Promotion
|
Lebih unggul
|
Melalui media TV, iklan, pameran,
event
|
Mempertahankan efektifitas iklan
|
Tabel KPI
Unit
|
KPI
|
Ukuran
|
Base line
|
Sasaran
|
Realitas
|
Realita/hasil
|
Skor kinerja
|
||
Hasil
|
Waktu
|
Hasil
|
Waktu
|
%pencapaian
|
|||||
Startegi CRM
|
Ketersediaaan peralatan
|
Jumlah pearalatan yang dimiliki
|
0
|
10
|
1 thn
|
8
|
1 thn
|
80%
|
280/3=93%
|
Memiliki SDM yang ahli dibidangnya
|
Jumlah SDM
|
0
|
10
|
1 thn
|
10
|
1 thn
|
100%
|
||
Pelayanan pelanggan
|
Jumlah oulet
|
0
|
145
|
1 thn
|
145
|
1 thn
|
100%
|
||
Memperkuat networking
|
Networking
|
Jumlah kerjasam
|
0
|
10
|
1 thn
|
6
|
1 thn
|
60%
|
160/2=80%
|
Kemudahan pelayananan
|
Jumlah outlet
|
0
|
145
|
1 thn
|
145
|
1 thn
|
100%
|
koleksi biografi dan profil pengusaha paling banyak Biografi Pengusaha Muda
BalasHapusLuckyClub | The best online casino site | Live Casino
BalasHapusWe've built your gambling experience luckyclub.live with LuckyClub and over 500 of the most popular casino games, including Poker. Win money and prizes at the